Kamis, Maret 05, 2009

Mengapa dan apa yang terjadi ketika Nyamuk menggigit Manusia

waktu itu di malam hari gua lagi tidur-tiduran di kamar gua..gila nyamuknya banyak bener..nah ada 1 nyamuk yang hinggap di tangan kanan gua..gua penasaran, jadi gua biarin nyamuk itu ngegigit gua ampe puas.

kronologis nya begini..

1. nyamuk hinggap dan memastikan semua aman.."hidung"-nya belum masuk ke tangan gua..

2. setelah memastikan semua aman (dengan menggunakan antena belakangnya) si nyamuk mulai memasukkan "belalai nya" itu..

3. sedot-sedot..dan badannya pun mulai terisi darah berwarna merah yang tembus ampe keliatan sama mata kita..menurut teori gua, nyamuk tuh nyedot darah yang ada di lapisan kulit jangat gitu..(gua juga begitu ngerti sih)

4. dan percaya ato engga..si nyamuk BERTELUR! ga tau sih telur bener ato bukan..yang pasti dia ngeluarin bulatan-bulatan bening dari bagian belakangnya..

5. gua tepok, eh nyamuknya malah kabur..

6. dan ternyata bentolnya meleset 1 cm dari tempat si nyamuk nyedot!

nah yang jadi pertanyaan..
1. nyamuk itu sebenernya nyedot darah apa?
2. buletan-buletan itu apa sebenernya?
3. kenapa bentolnya bisa meleset?

buat kaskuser yang bisa jawab..mohon bantuannya,,

Link:
http://kaskus.us/showthread.php?t=1254373


Sebelumnya kita akan membahas sedikit tentang nyamuk, fase hidup dan perkembangbiakannya. Nyamuk jenis penghisap darah yang biasa masuk ke rumah-rumah, nama latinnya adalah Culicidae. Termasuk dalam kelas insek yang memiliki dua sayap. Di dunia terdapat lebih dari 2500 jenis nyamuk penghisap darah.

Umumnya nyamuk HANYA dikenal sebagai hewan penghisap darah. Informasi tersebut tidak sepenuhnya benar, karena HANYA nyamuk jenis betina yang menghisap darah. Darah bukan merupakan sumber makanan nyamuk !!

Nyamuk betina dan jantan, keduanya hidup dari sari bunga dan juga cairan manis buah-buahan.




Kecuali di daerah kutub, padang pasir dan tempat di ketinggian diatas 1500 m, nyamuk akan banyak ditemukan di semua daerah yang dekat dengan air.

Perkembangbiakan nyamuk

Nyamuk jantan yang sudah matang untuk berkembangbiak menggunakan antenanya sebagai alat pendengar untuk menemukan nyamuk betina.
Pada ujung antena terdapat rambut yang sangat sensitif terhadap suara yang ditimbulkan nyamuk betina. Tidak jauh dari organ untuk berkembangbiak terdapat pengait yang fungsinya untuk memegang nyamuk betina ketika berpasangan (kopulasi) di udara.Setelah berpasangan, nyamuk betina akan mulai memerlukan (menghisap) darah.



organ untuk berkembangbiak nyamuk jantan

Fase-fase kehidupan nyamuk ( Life cycle)

Telur
Untuk bertelur, nyamuk betina akan mencari tempat seperti genangan air atau daun pepohonan yang lembab. Telur akan diletakan berpencar (pada nyamuk Aedes oder Anopheles) atau dijejerkan dalam satu baris (contoh nyamuk Culex) yang bisa mencapai 100-300 telur.


telur nyamuk



telur nyamuk
Telur yang semula berwarna putih, 12-24 jam kemudian akan berwarna hitam sebagai kamuflase agar tidak dimakan oleh hewan/ insek lainnya. Telur akan menetas dalam waktu 2-3 hari menjadi larva.

Larva (jentik)




larva

Larva adalah mahluk yang hidup di air, meskipun demikian untuk bernafas larva harus menghirup udara secara langsung. Untuk itu, bagian belakang tubuhnya dilengkapi dengan semacam pipa panjang hingga menembus permukaan air.



kepalanya dibawah air




bagian belakang larva yang menyerupai pipa


Mikro organisme merupakan makanan larva. Dengan mengerakan mulutnya yang menyerupai sikat, air dapat dibuat berpusar, sehingga mikro organisme dapat masuk ke dalam mulutnya. Pada waktu bahaya, larva dapat menyelam dan berenang di dalam air. Stadium larva tergantung dari jenis nyamuk, temperatur air dan makanan yang didapatkan. Biasanya 4-6 hari.

Pupa





Pupa tidak lagi mensuplai makanan ke dalam tubuhnya (fase istirahat). Pada stadium ini, pupa bernafas pada permukaan air dengan menggunakan dua tanduk kecil yang berada pada prothorax. Pupa juga sewaktu bahaya dapat menyelam di dalam air. Stadium ini umumnya berlangsung hingga 5-10 hari, setelah itu akan keluar dari kepompongnya menjadi nyamuk.



keluar dari kepompong




keluar dari kepompong

Selanjutnya nyamuk akan mencari makan dan berpasangan dan fase di atas akan terulang. Cara mengenali nyamuk biasa dan nyamuk penyebab malaria


Perbedaan nyamuk biasa dan nyamuk penyebab malaria:


Perbedaan bentuk berbagai fase antara nyamuk anopheses (penyebab malaria) gambar kiri dan nyamuk penghisap biasa (gambar kanan)


Perbedaan nyamuk dewasa

kiri atas= nyamuk biasa betina
kanan atas= nyamuk anopheles betina
kiri bawah= nyamuk biasa jantan
kanan bawah= nyamuk anopheles jantan

Perbedaan antara nyamuk jenis betina terlihat dari panjang palp.
Dimana pada nyamuk betina biasa, palp jauh lebih pendek dibandingkan dengan belalainya (proboscis)



nyamuk malaria betina






nyamuk demam berdarah betina (dengue fever mosquito)

Letak palp (palpus) berbeda dengan antena, jelasnya lihat gambar di bawah


Kerangka jangkrik
Ket:
mx. p.= maxillary palpus;
lb. p.= labial palpus;
Palpus adalah bagian dari mulut
sumber:
http://www.wikieducator.org/Lesson_1...ion_To_Malaria




Penting dari tulisan di atas, untuk dapat berkembang biak nyamuk membutuhkan air!Untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk, jangan biarkan ada air yang tergenang.


Satu ekor nyamuk betina, secara teoritis dapat menghasilkan keturunan sebanyak 10E44 (10 pangkat 44) dalam setahun!!!Untungnya nyamuk hanya memiliki umur 2-3 minggu.


Sekarang akan kita bahas pertanyaan di atas lebih lanjut.


Kenapa nyamuk betina menghisap darah???

Protein yang terkandung di dalam darah diperlukan oleh nyamuk betina untuk perkembangbiakan (produksi) telurnya.


Kanan=kapsul darah segar
Kiri=kapsul darah yang telah diputar (bagian atas yang bening adalah plasma darah)
Plasma darah mengandung protein!

Dalam ruang hidupnya yang tiga minggu, setelah berpasangan nyamuk akan bertelur setiap tiga harinya. Selama itulah nyamuk akan terus menghisap darah sampai batas umurnya habis.
Bagaimana cara nyamuk menemukan korbannya??

Dr. Willem Takken dari Universitas Wageningen di Belanda, telah bertahun-tahun meneliti sifat dan peragai nyamuk.

Beliau menyatakan bahwa nyamuk sangat tertarik oleh bau yang di keluarkan tubuh. Dalam mencari sasaran (korban), nyamuk menggunakan indera penciumannya (Chemical sensors) yang sangat tajam, yang dapat membaui sasarannya dari jarak 40 m. Cahaya terang sebaliknya dapat membingungkan nyamuk, sehingga gangguan nyamuk dapat berkurang bila terdapat cahaya. Begitu lampu dimatikan mulailah nyamuk mencari sasarannya, terutama yang baunya paling mengundang.


Bau apa yang digemari nyamuk??


Tubuh manusia memancarkan sebanyak 300-400 beragam zat bau-bauan. Nyamuk akan tertarik oleh bau-bauan seperti CO2 (karbondioksida), keringat (karena kandungan lactic acid) dan bakteri yang terdapat pada kulit. Selain itu temperatur tubuh dan kelembaman kulit mempengaruhi pula daya ketertarikan nyamuk.

Pendapat yang menyatakan bahwa orang yang berdarah "manis" akan lebih sering digigit nyamuk, mungkin ada juga benarnya, walaupun secara tidak langsung.
Karena komposisi darah dalam tubuh seseorang akan mempengaruhi bau yang akan dipancarkan tubuh!!!

Selain indera penciuman yang tajam, nyamuk juga dilengkapi dengan sensor penerima panas (Heat sensors) yang sangat sensitif. Ketika sudah DEKAT dengan sasarannya, nyamuk diperkirakan berorientasi dengan temperarur yang dikeluarkan tubuh, sehingga dapat dengan mudah menemukan sasarannya dalam kegelapan.



Indera yang terakhir adalah mata (Visual sensors), yang dapat membedakan gerakan, terang dan gelap. Orang yang mengenakan pakaian yang kontras (berbeda) dengan lingkungannya dapat menjadi sasaran hisapan nyamuk.

Belalai nyamuk (proboscis)



Anatomi nyamuk
Proboscis= belalai
palp="bagian dari mulut", fungsinya sbg sensor kimia untuk mendeteksi bauan (CO2) dari jarak jauh (long-range detection system). Berbeda dengan antena, yang untuk mendeteksi berbagai macam bauan.



Proboscis=belalai


Belalai tidak lain adalah perpanjangan dari mulut nyamuk , dikenal dengan nama phoboscis.

Ujung Proboscis terdiri dari enam bagian:

- dua pipa (labrum), satu untuk menghisap darah dan satunya lagi untuk memasukan cairan ke dalam jaringan kulit yang dikelilingi oleh
- dua gergaji (stylet)
- dua pisau yang ujungnya tajam (stylet)

Kesemuanya diselimuti oleh organ yang disebut labium (semacam sarung senjata).



Ujung Proboscis




Nyamuk jantan bentuk proboscisnya tidak dikonstruksi untuk memotong daging. Nyamuk jantan hanya hidup dari sari buahan dan sari bunga.


Kepala nyamuk jantan, dengan antena dan Proboscisnya

Cara nyamuk menghisap darah

1.



Nyamuk hinggap dengan ke enam kakinya di atas permukaan kulit.
Lalu belalai akan didekatkan ke permukaan kulit.


2.





Begitu labium (sarung senjata) ditarik, pisau tajam diujung belalai akan melakukan gerakan maju dan mundur seperti gergaji, untuk memotong permukaan kulit.
Lapisan kulit yang paling luar, yang harus dipotong (dibuka) nyamuk dikenal dengan nama epidermis. Epidermis berfungsi untuk melindungi kulit dari pengaruh luar (lingkungan), pada lapisan ini tidak terdapat pembuluh darah.


Apa yang tejadi pada tubuh manusia?

Begitu terjadi luka, pembuluh darah akan menyempit dan darah akan membentuk gumpalan yang menutupi luka. Selanjutnya terjadi proses pembekuan darah (dikenal dengan istilah Hemostasis di dunia kedokteran). Proses ini penting untuk mencegah terjadinya luka pendarahan yang banyak, yang dapat mengakibatkan kekurangan darah!!
Bagaimana cara nyamuk untuk mematahkan pertahanan tersebut?

Untuk mencegah hal tersebut (pembekuan darah), maka salah satu pipa jarum (labrum) yang terdapat pada belalai akan mengeluarkan semacam cairan yang mengandung anticoagulants (anti beku), yang berasal dari dalam perutnya. Selanjutnya belalai akan terus masuk ke lapisan yang lebih dalam, yaitu lapisan dermis. Di lapisan kulit inilah terdapat pembuluh darah yang dibutuhkan nyamuk!
Pembuluh darah kapilar

Pembuluh darah di kulit banyaknya kurang dari 5% (pembuluh darah kapilar)!!!





Pembuluh darah kapilar (Capillary) merupakan pembuluh darah kecil yang menghubungkan dua pembuluh darah besar (arteri dan vena). Dipembuluh darah ini terjadi pertukaran oksigen, air , CO2 , sari makanan dan juga kotoran antara darah dan jaringan tubuh sekitarnya. Besar diameternya hanya sekitar 5-10 mikro meter.

Lengkapnya mengenai bermacam pembuluh darah, silahkan dilihat pada gambar

pembuluh darah:

1. Pembuluh darah arteri atau nadi
Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang berasal dari bilik jantung yang berdinding tebal dan kaku.

- Pembuluh arteri yang datang dari bilik sebelah kiri dinamakan aorta yang tugasnya mengangkut oksigen untuk disebar ke seluruh tubuh.
- Pembuluh arteri yang asalnya dari bilik kanan disebut sebagai pembuluh pulmonalis yang betugas membawa darah yang terkontaminasi karbon dioksida dari setiap bagian tubuh menuju ke paru-paru.

2. Pembuluh darah vena atau balik

Pembuluh darah vena adalah pembuluh darah yang datang menuju serambi jantung yang bersifat tipis dan elastis.

- Pembuluh vena kava anterior adalah pembuluh balik yang berasal dari bagian atas tubuh.
- Pembuluh vena kava pulmonalis adalah pembuluh balik yang berasal dari bagian bawah tubuh.

3. Pembuluh darah kapiler
pembuluh darah kapiler adalah ujung yang berada di paling akhir dari pembuluh arteri. Jaringan pembuluh darah kapiler membentuk suatu anyaman rumit di mana setiap mili meter dari suatu jaringan memiliki kurang lebih sekitar 2000 kapiler darah.
Sumber:
http://organisasi.org/pembuluh_darah...r_ilmu_biologi


Maka untuk dapat menghisap darah, nyamuk betina harus mencari (memancing) terlebih dahulu DIMANA letak pembuluh darah kapilar dengan belalainya.

Di lapisan ini belalai terus mencari (memancing) pembuluh darah kapiler dengan interval waktu 10 detik sampai pembuluh kapiler ditemukan.



SOURCE: National Institute of Allergy and Infectious Diseases | GRAPHIC: By Brenna Maloney and Patterson Clark, The Washington Post - May 01, 2007

Begitu ditemukan, maka darah akan segera dihisap.

3.





Nyamuk anopheles, penyebar penyakit malaria







Rata-ratanya dibutuhkan waktu 50 detik untuk memasukan belalai ke dalam kulit manusia, tanpa ada gangguan, nyamuk akan menghisap darah selama kira-kira 2,5 menit (2,8 mg darah). Tubuh manusia mengandung 5-6 liter darah!

4.



Setelah puas menghisap, belalai akan ditarik keluar dari kulit dan kembali masuk kedalam labium.Nyamuk akan membutuhkan waktu selama 3-4 hari untuk mencerna darah yang dihisapnya. Setelah itu nyamuk akan kembali mencari korban berikutnya.

Bunyi nyamuk yang berdengung, disebabkan oleh kepakan sayapnnya. Dalam 1 detik nyamuk akan mengepakan sayapnya sebanyak 500 kali!!!



Belum ada satu pesawat terbang atau helikopter pun yang dapat menyaingi "kecanggihan" terbang nyamuk! Banyak mungkin orang yang bertanya, mengapa Tuhan menciptakan nyamuk.


Sekalipun kita tidak menemukan jawabannya sekarang, bukannya berarti Tuhan menciptakan nyamuk tanpa arti...

Jarum suntik yang tidak sakit

10 tahun yang lalu, mungkin juga belum terpikir, bahwa belalai nyamuk (probostic) dapat dijadikan model untuk mengembangkan alat (jarum) suntik termoderen di dunia kedokteran! Rasa gatal, sakit dan benjolan yang tejadi pada kulit adalah alergi yang terjadi karena reaksi sel darah dalam dalam memerangi cairan yang disuntikan nyamuk, yang mengandung BAKTERI! Sakit bukannya disebabkan oleh "jarum" yang disuntikan nyamuk!!!

Ini dibuktikan oleh negara Jepang dan Amerika yang telah mengembangkan jarum suntik berukuran kecil (mikro).

Problem jarum suntik yang ada berukuran "terlalu" besar, sehingga bila ditusukan ke dalam tubuh akan melukai banyak jaringan kulit dan mengenai urat saraf. Akibatnya akan menimbulkan rasa sakit. Untuk itu dibuat jarum suntik yang berukuran kecil. Problem yang dihadapi jarum kecil ini adalah rentan (mudah) patah. Pada nyamuk, pangkal proboscis terbuat dari lapisan yang elastis. Selain itu pada proboscis sendiri terdapat jaringan yang dapat di tarik (retractable tissue on the proboscis itself) serta ketika menusuk dikombinasikan dengan getaran cepat kepala (diatas 17 Hz), sehingga menjadikannya tidak mudah patah.

Peneliti di Jepang menambahkan bahwa jarum suntik nyamuk tidak menimbulkan rasa sakit, karena permukaanya berbentuk seperti gergaji. Berbeda dengan jarum yang selama ini digunakan, dimana permukaanya halus.


permukaanya berbentuk seperti gergaji




Perbandingan ukuran jarum suntik mikro dan jarum suntik biasa



Professor Mark Prausnitz, dari universitas Georgia bidang Chemical and Biomolecular Engineering, dengan jarum suntik mikro

Jika anda berobat ke dokter, lalu disuntik tapi tidak merasa sakit, berterima kasihlah kepada nyamuk (tepatnya kepada Tuhan yang telah menciptakan nyamuk).

Pertanyaan Kaskuser
nah yang jadi pertanyaan..
1. nyamuk itu sebenernya nyedot darah apa?
2. buletan-buletan itu apa sebenernya?
3. kenapa bentolnya bisa meleset?

Jawab
1. Nyamuk akan menyedot darah yang terdapat dalam tubuh, baik darah manusia maupun darah hewan yang lain.
2. Kemungkinan besar, itu kotoran nyamuk.
Karena untuk bertelur nyamuk akan mencari tempat yang tidak jauh dari genangan air. (Kecuali kalau bro lagi berendam di air)
3. Hmm..aneh, umumnya bentolan akan berada di daerah sekitar bekas belalai ditusukan.
Lain kali kalau ada nyamuk "gigit" jangan didiamkan, siapa tahu itu nyamuk malaria.

Sumber:
http://www.ademyakup.com/nachdenkend...enkende02.html
http://www.stern.de/wissenschaft/nat...ke/566578.html
http://www.daserste.de/wwiewissen/be...5qw8lne~cm.asp
http://www.wdr.de/tv/quarks/sendungs...ben_muecke.jsp
http://en.wikipedia.org/wiki/Capillary
http://www.news-medical.net/?id=29299
http://www.life-of-science.net/bio--...echniques.html
http://www.newscientist.com/article/...s-stinger.html
http://www.harunyahya.de/bucher/wiss...echmucke06.php
http://gtresearchnews.gatech.edu/new...eedlespnas.htm
http://main.man3malang.com/index.php?name=News&file=article&sid=1849

Tidak ada komentar:

Posting Komentar